Pidato Bahasa Arab Tentang Pendidikan Disertai Artinya

Pidato Bahasa Arab Tentang Pendidikan. Sobat semua kembali kami menemui sobat dengan update artikel tentang pidato dalam bahasa arab, kali ini temanya adalah tentang pendidikan, contok teks pidato tentang pendidikan ini sudah kami sertai dengan artinya dan juga cara membacanya, selamat membaca! 
Pidato Bahasa Arab Tentang Pendidikan

أَيُّهَا النَّاسُ, اِتَّقُوا اللهَ بِمَعْرِفَةِ الْخَيْرِ وَاتِّبَاعِهِ، وَمَعْرِفَةِ الشَّرِّ وَتَرْكِهِ وَاجْتِنَابِهِ، وَاعْلَمُوْا أَنَّ الْعِلْمَ هُوَ الْأَسَاسُ الَّذِيْ يَسْتَقِيْمُ عَلَيْهِ الْبُنْيَانُ، وَبِهِ الصَّلاَحُ وَالْفَسَادُ وَالْكَمَالُ وَالنُّقْصَانُ؛ فَلْيَكُنْ تَأْسِيْسُكُمْ عَلىَ عُلُوْمٍ نَافِعَةٍ صَحِيْحَةٍ، وَمَعَارِفَ قَوِيَّةٍ صَادِقَةٍ رَجِيْحَةٍ.
Ayyuhan naas, ittaqullah bi makrifatil khairi wa ttibaihi, wa makrifatis syarri wa tarkihi waj tinabihi, wa’lamu annal ilma huwal asaasul ladzi yastaqiimu alaihil bunyan, wa bihis solah wal fasaad wal kamal wan nuqson, fal yaqun ta’sisukum ala ulumin naafi’ah shahihah wa ma’arif qawiyyah sodiqoh rajihah.

Wahai manusia, bertakwalah kepada Alloh dengan mengetahui segala kebaikan serta mengikutinya, juga dengan mengetahui kejelekan dan meninggalkan serta menjauhinya, ketahuilah bahwa ilmu adalah pondasi yang dengannyalah bangunan itu akan tegak berdiri, dengannyalah sesutau itu dinilai baik, rusak, sempurna ataupun kurang, maka hendaknya pondasimu ahrus terbangun di atas ilmu yang bermanfaat dan pengetahuan yang kuat, jujur dan benar.

وَجِّهُوْا - رَحِمَكُمُ اللهُ - وُجُوْهَكُمْ, وَوَجِّهُوْا الْمُتَعَلِّمِيْنَ إِلىَ عُلُوْمِ الدِّيْنِ، وَاغْرِسُوْا هَذَا الْغِرَاسَ الْجَمِيْلَ الْبَاقِيَ فِيْ أَذْهَانِ النَّاشِئِيْنَ؛ فَبِذَلِكَ تَصْلُحُ الْأَحْوَالُ، وَتَزْكُو الْأَعْمَالُ، وَبِذَلِكَ يَتِمُّ النَّجَاحُ فِي الْحَالِ وَالْمَآلِ، وَبِذَلِكَ تَصْلُحُ الْعَقَائِدُ وَالْأَخْلاَقُ، وَبِهِ يَسِيْرُ التَّعْلِيْمُ إِلىَ كُلِّ خَيْرٍ وَيَنْسَاقُ، وَلاَ يَتِمُّ ذَلِكَ إِلاَّ بِتَخْيِيْرِ الْأَسَاتِذَةِ الْفُضَلاَءِ النَّاصِحِيْنَ، وَمُلاَحَظَتِهِمْ التَّامَّةِ لِأَخْلاَقِ الْمُتَعَلِّمِيْنَ.
Wajjihu - rahimakumulloh - wujuhakum, wa wajjihul muta’allimina ila ulumiddin wag risu hadzal ghirasal jamiilal baqi fi adzhanin nasyi’iin, fa bidzalika tashluhul ahwaal wa tazkul a’maal, wa bidzalika yatimmun najah fil hali wal ma’ali, wa bi dzalika tashluhul aqaidu wal akhlaqu,  wa bi dzalika tasirut ta’limu bi kulli khairin wa yansaqu, wa la yatimmu dzalika illa bi takhyiiril asatidzatil fudhalain nasihin, wa mulahadzatihimut tamah li ahwalil muta’allimin.

Fokuskanlah - semoga Alloh merahmati kalian - dan arahkanlah para siswa kepada ilmu agama, tanamkanlah tanaman yang indah dan yang akan tersimpan di kepala setiap generasi, dengan ilmu agama inilah keadaan akan menjadi baik dan amalan akan menjadi suci dan diterima, dan dengannya pula kesuksesan di dunia dan di akhirat akan tercapai, dengannya pula akidah dan akhlak akan menjadi baik, dengannya pula pendidikan akan mengarah kepada kebaikan dan akan terarah, hal ini tentu tak akan terwujud kecuali dengan memilih guru yang baik dan soleh dan guru tersebut memperhatikan dengan sempurna akan akhlak dan perilaku anak didik mereka.

وَأَنْ يُعَلَّقَ النَّجَاحُ وَالشَّهَادَاتُ الرَّاقِيَةُ لِمَنْ جَمَعَ بَيْنَ الْعِلْمِ وَالدِّيْنِ؛ فَإِنَّ الْعِلْمَ الْخَالِي مِنَ الدِّيْنِ, لَا يُزَكِّي صَاحِبَهُ, وَإِنَّمَا هُوَ صُنْعَةٌ مِنَ الصِّنَاعَاتِ، وَلاَ بُدَّ أَنْ يَهْبِطَ بِأَصْحَابِهِ إِلىَ أَسْفَلِ الدَّرَكَاتِ.
Wa an yu’allaqon najahu wa syahadaatur raqiyatu liman jama’a bainal ilmi wad dini, fa innal ilmal khali minad dini, la yuzakki sohibahu, wa innama huwa sun’atun minas sina’ati wa la budda an yahbito bi ashabihi ila asfalid darakati.

Dan hendaknya kesuskesan dan ijazah tinggi itu diberikan kepada anak didik yang mengumpulkan antara kebaikan pada dirinya berupa ilmu dan agama yang baik, karena sesungguhnya ilmu yang sunyi dari agama tak akan mensucikan pemiliknya, bahkan ia hanya satu produk dagangan saja dan pemiliknya cepat atau lambat akan terjatuh dalam kubangan kehinaan.

أَمَا رَأَيْتُمْ حَالَةَ الْمَدَارِسِ الْمُنْحَرِفَةِ, حِيْنَ أُهْمِلَ فِيْهَا تَعْلِيْمُ الدِّيْنِ كَيْفَ انْسَاقَ أَهْلُهَا إِلىَ الشَّرِّ وَالْإِلْحَادِ؟
Ama ra’aitum halatal madaarisil munharifati, hina uhmila fiiha ta’limud dini, kaifan saqa ahluha ilas syarri wal ilhadi?

Tidakkah kalian melihat keadaan sekolah-sekolah yang menyimpang, ketika pendidikan agama di lalaikan, bagaimana hasil didikan terjerumus kepada kejelekan dan penyimpangan?

وَكَيْفَ كَانَ الْكِبْرُ مَلَأَ قُلُوْبَ أَهْلِهَا, وَأَعْرَضُوْا عَنْ رَبِّ الْعِبَادِ؟
فَالْعُلُوْمُ الْعَصْرِيَّةِ, إِذَا لَمْ تُبْنَ عَلىَ الدِّيْنِ شَرُّهَا طَوِيْلٌ، وَإِذَا بُنِيَتْ عَلىَ الدِّيْنِ, أَيْنَعَتْ بِكُلِّ ثَمْرَةٍ جَمِيْلَةٍ, وَعَمَلٍ جَلِيْلٍ.
Kaifa kanal kibru mala’a quluba ahliha, wa a’radhu an rabbil ibadi? fal ulumul ashriyyah, idza lam tubna alad dini, syarruha thawiilun, wa idza buniyat alad dini, ayna’at bi kulli tsamratin jamiilatin wa amalin jalilin.

Bagaimana sifat angkuh dan sombong mengisi hati mereka, dan mereka berpaling dari Allah?
Ilmu pengetahuan modern jika tidak terbangun di atas agama maka kejelekannya akan panjang, namun jika terbangun di atas agama ia akan matang dan menghasilkan buah yang indah dan karya yang indah.

لَقَدِ افْتَرَى مَنْ زَعَمَ أَنَّ الْعُلُوْمَ تُتَقَوَّمُ بِغَيْرِ الدِّيْنِ، وَلَقَدْ خَابَ مَنْ تَوَسَّلَ بِعُلُوْمِ الْمَادَّةِ الْمَحْضَةِ، وَحَصَلُوْا عَلىَ كُلِّ خَصْلَةٍ رَذِيْلَةٍ.
Laqadif tara man za’ama annal uluma tutaqawwam bi qairid dini, wa laqad khaba man tawassala bi ulumil maadatil mahdah, wa hashalu ala kulli khaslatin radzilatin.

Sungguh keliru orang yang beranggapan bahwa ilmu itu dinilai bukan dengan ilmu agama, sungguh telah merugi orang yang mencari kesuksesan itu dengan ilmu materi semata, mereka akan mendapatkan kehinaan.

أَمَا تَرَوْنَهُمْ يَسْعَوْنَ خَلْفَ أَغْرَاضِ النُّفُوْسِ, وَخَسِيْسِ الشَّهَوَاتِ؟ أَمَا تُشَاهِدُوْنَ أَحْوَالَهُمْ فَوْضَى, قَدْ مَرَجَتْ فِيْهِمُ الْمَعْنَوِيَّاتُ وَالصِّفَاتُ؟ أَمَا تَرَوْنَهُمْ حِيْنَ عَرَفُوْا شَيْئاً مِنْ عُلُوْمِ الطَّبِيْعَةِ.
Ama tarawnahum yas’auna khalfa aghradin nufusi, wa khasisis syahawat? ama tusyahidun ahwaalahum faudha, qad marajat fiihimul maknaiyyatu was sifatu? ama tarawnahum hina arafu syai’an min ulumit tabi’ah?

Tidakkah kalian melihat mereka berlari ingin mendapatkan keinginan duniawi dan syahwat yang hina? tidakkah kalian melihat kekacauan keadaan mereka, telah tercampur aduk pada diri mereka berbagai sifat dan makna/nilai kehidupan, tidakkah kalian melihat bagaimana keadaan mereka tatkala mereka mengetahui sedikit saja dari ilmu alam?

أُعْجِبُوْا بِأَنْفُسِهِمْ, فَهُمْ مُسْتَكْبِرُوْنَ، فَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ عِلْمٍ لاَ يَنْفَعُ, وَنَفْسٍ لاَ تَشْبَعُ, وَدُعَاءٍ لاَ يُجَابُ وَيُشْفَعُ، قَالَ تَعَالىَ: (ادْعُ إِلَى سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ) النحل: الآية:125
U’jibu bi anfusihim, fahum mustakbiruun, fa na’udzubillah min ilmin la yanfa’u wa nafsin la tasyba’u wa du’ain la yujaabu wa yusfa’u, qala ta’ala : ud’uu ila sabili rabbika bil hikmati (an - anhl : 125).

Mereka kagum dengan diri mereka sendiri mereka berlaku sombong dan angkuh, kita berlindung kepada Allah dari ilmu yang tak bermanfaat, jiwa yang tak pernah kenyang, doa yang tak dikabulkan, Allah berfirman : Ajaklah kepada jalan Tuhanmu dengan kebijaksanaan. (an-Nahl : 125).

لَقَدْ أَرْشَدَنَا رَبُّنَا إِلَى الطَّرِيْقَةِ الْمُثْلَى فِي تَعِلِيْمِ الْمُتَعَلِّمِيْنَ، وَأَنْ تَسْلُكَ أَقْرَبَ طَرِيْقٍ يُوْصِلُ الْمَعَارِفَ إِلَى أَذْهَانِ الْمُشْتَغِلِيْنَ؛ فَلَا نُزَحِّمُهَا بِكَثْرَةِ الْفُنُوْنِ؛ فَإِنَّ الْأَذْهَانَ لَا تَتَحَمَّلُهَا، وَلَا تُلْقِي عَلَيْهَا مِنَ الْمَسَائِل مَا لَا تَطِيْقُهَا ، بَلْ تُلْقِي عَلَى كُلِّ أَحَدٍ مَا يَتَحَمَّلُهُ ذِهْنُهُ, وَمَا يَشْتَاقُ إِلَيْهِ، وَتَتَعَاهَدُ بِالدَّرْسِ وَالْإِعَادَةِ, وَكَثْرَةِ الْمُرُوْرِ عَلَيْه.
Laqad arsyadana rabbuna ilat thariqatil mutsla fit a’limil muta’allimin wa an tasluka aqraba tariqin yusilul ma’arifa ila adzhanil musytagiliin, fala nuzahhimuha bi katsratil fununi, fa innal adzhana la tatahamaluha, wala tulqi alaiha minal masa’il ma la tuthiquha, bal tulqi ala kulli ahadin ma yatahammaluhu dzihnuhu, wa ma yasytaqu ilaihi, wa tata’ahadu bid darsi wal i’adati wa katsratil mururi alaihi.

Sungguh Rabb kita telah menunjukkan kepada kita jalan terbaik dalam mendidik anak-anak didik kita, dan cara terbaik dalam menyampaikan pengetahuan ke otak-otak anak-anak yang disibukkan dengan berbagai hal, janganlah kita menjejali mereka dengan banyaknya pengetahun dan disiplin ilmu, karena jika kebanyakan maka otak tak akan mampu memikulnya, janganlah engkau membebankan berbagai ilmu yang tak mampu mereka pikul, akan tetapi berikanlah kepada setiap orang beban ilmu sejauh yang bisa dipikul oleh otak mereka, ilmu yang mereka sukai dan hendaknya engkau terus memperhatikan penyerapan mereka dengan memperbanyak pengulangan.

فَالْقَلِيْلُ الثَّابِتُ الرَّاسِخُ ، خَيْرٌ مِنَ الْكَثِيْرِ الَّذِي هُوَ عُرْضَةٌ لِلزَّوَالِ وَالنِّسْيَانِ، فَتَزَاحُمُ الْعُلُوْمِ, يُضِيْعُ بَعْضُهَا بَعْضاً, وَتُوْجِبُ الْكَسَلَ وَالْمَلَلَ، وَذَلِكَ مِنْ أَعْظَمِ الْأَضْرَارِ وَالْاَخْلَالِ, وَشِدَّةِ الْخَلَلِ.
Fal qalilus tsabitir raasikh, khairun minal katsiril ladzi huwa urdatun liz awali wan nisyani, fa tazahumul ulumi yudhi’u ba’duhu ba’dan, wa tuujibul kasala wal malal wa dzalika min a’zamil adhrara wal akhlal wa syiddatil khalal.

Ilmu yang sedikit tapi menetap jauh lebih baik dari pada ilmu yang banyak yang cepat terlupa dan hilang, maka berjejelnya ilmu pengetahuan akan menyebabkan ilmu cepat hilang dan akan menimbulkan sifat malas dan bosan, yang demikian itu adalah kejelkan yang paling besar dan kekeliruan yang paling parah.

فَكَمْ مِنْ تِلْمِيْذٍ عَلَى هَذَا الْوَصْفِ مَكَثَ الْمُدَّةَ الطَّوِيْلَةَ بِغَيْرِ مَعْرِفَةٍ صَحِيْحَةٍ وَنَجَاحٍ؟ وَكَمْ مِنْ تِلْمِيْذٍ سَلَكَ الطَّرِيْقَ النَّافِعَةَ, فَفَازَ بِكُلِّ خَيْرٍ وَفَلَاحٍ؟
Fa kam min tilmidzin ala hadzal wasfi makatsal muddatat thawiilah bi ghairi makrifatin sahihatin wa najahin? wa kam min tilmidzin salakat tahriqan nafi’ata, fa faza bikulli khairin wa falahin?

Berapa banyak anak didik yang gambarannya persisi seperti ini, dia belajar begitu lama namun tidak mendapatkan pengetahuan yang benar dan tak mendapatkan kesuksesan? dan berapa banyak anak didik yang menempuh jalan yang benar dalam pendidikan lalu mendaptkan kebaikan dan kesuksesan?

فَكَمَا أَنَّ الْقُوَى لَا تُكَلِّفُ مِنَ الْأَعْمَالِ وَالْأَشْغَالِ إِلَّا مَا تُطِيْقُ وَتَسْتَطِيْعُ, فَكَيْفَ بِالْأَذْهَانِ الصَّغِيْرَةِ, إِذَا زَحَمَتَ بِمَا لَا طَاقَةَ لَهَا بِهِ؟
وَذَلِكَ عِبْءٌ ثَقِيْلٌ.
Fa kama annal quwa la tukallafu minal a’mali wal asyghali illa ma tutiqu wa tastati’, fa kaifa bil adzhanis shagirah, idza zahamta bima la taqata laha bihi? wa dzalika ib’un tsaqilun.

Maka sebagaimana daya kekuatan badan kita tidak bisa melakukan pekerjaan dan aktifitas kecuali yang dimampu maka bagaimana dengan otak yang kecil jika engkau menjejalinya dengan hal yang tak ia mampu? ini merupakan beban yang cukup berat.

Sobat semua pendidikan merupakan hak setiap orang untuk mendapatkannya, pendidikan harus di dapatkan oleh setiap orang baik yang tinggal di perkotaan maupun yang tinggal di daerah-daerah, pembangunan sekolah harus digalakkan untuk menampung para siswa dan siswi yang berniat untuk masuk sekolah, keberdaan guru juga harus menjadi prioritas dengan mengedepankan kemampuan mereka yang harus terus digenjot sebagai usaha meningkatkan mutu pendidikan bagi seluruh siswa dan siswi.

Baca Lainnya : 

Pendidikan merupakan sector penting untuk menggenjot daya saing sumber daya manusia Indonesia yang konon tertinggal dari beberapa negara, untuk tingkat kualitas pendidikan, sejauh info yang saya dapat bahwa dunia pendidikan di Indonesia masih tertinggal dari negara-negara lain sehingga kita harus berkaca dan mengejar ketertinggalan itu. 

Demikian dulu sobat semua yang bisa kami bawakan dan sampaikan serta sharing buat kita semua tentang pidato bahasa arab tentang pendidikan, semoga artikel tentang pidato bahasa arab ini bisa meningkatkan kemampuan anda dalam melakukan percakapan bahasa arab sehari-hari.