Contoh Surat Untuk Sahabat dalam Bahasa Arab

Contoh surat untuk sahabat dalam bahasa arab. Dalam pergaulan sehari-hari kita butuh berkomunikasi dengan teman kita, mungkin terdengar agak “gemana gitu” saat kita katakan berkomunikasi dengan sahabat dengan menggunakan surat di zaman “now” sekarang ini, tapi percaya atau tidak, masih ada sebagian orang yang masih berkomunikasi dengan menggunakan surat dengan temannya, berikut adalah contoh surat untuk sahabat atau teman dalam bahasa arab di sertai dengan artinya, selamat membaca!

Baca Juga:

صَدِيْقِي الْعَزِيْزَ عَبْدَ الْكَرِيْمِ
سَلاَمُ اللهِ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
أَرْجُوْ مِنَ اللهِ أَنْ تَكُوْنَ بِخَيْرٍ وَصِحَّةٍ تَامَّةٍ, أَنَا هُنَا - وَالْحَمْدُ لِلهِ - فِيْ خَيْرٍ وَعَافِيَةٍ.
أَمَّا بَعْدُ.
صَدِيْقِيْ الْكريمِ نَتَوَاصَى فِيْمَا بَيْنَنَا بِتَقْوَى اللهِ فِيْ سِرِّنَا وَعَلَنِنَا وَأَنْ نُرَاقِبَهُ فِيْ قَوْلِنَا وَفِعْلِنَا فَهُوَ أَقْرَبُ إِلَيْنَا مِنْ حَبْلِ الْوَرِيْدِ.
صَدِيْقِي عَبْدَ الْكَرِيْمِ قَدْ مَرَّ عَلىَ سَفَرِكَ مِنَ الْقَرْيَةِ سِتَّهُ أَيَّامٍ, يَسْأَلُ عَنْكَ الْأَصْدِقَاءُ : مُحَمَّدٌ, زَيْنُ الْعَابِدِيْنَ وَ خَالِدٌ عَنْ حَالِكَ فِي الْمَمْلَكَةِ الْعَرَبِيَّةِ السُّعُوْدِيَّةِ خَاصَّةً عَنِ الدِّرَاسَةِ فِي جَامِعَةِ الْإِمَامِ هُنَاكَ, خَاصَةً أَنَّ صَدِيْقَنَا خَالِدٌ قَدْ قُبِلَ فِيْ جَامِعَةِ الأُرْدُنِ الْعَالَمِيَّةِ وَسَيُغَادِرُ الْقَرْيَةَ بَعْدَ الْأُسْبُوْعِ - إِنْ شَاءَ اللهُ -.
أَمَّا صَدِيْقُنَا زَيْنُ الْعَابِدِيْنَ - وَالْحَمْدُ لِلَّهِ - قَدْ تَزَوَّجَ الْأُسْبُوْعَ الْمَاضِيَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ, فَنَدْعُو اللهَ أَنْ يُبَارِكَ اللهُ لَهُ فِيْ أَهْلِهِ, فِي الْوَلِيْمَةِ سَأَلَنِي عَنْكَ, يَسْأَلُنِي هَلْ سَبَقَ أَنْ تَتَّصِلَ بِيْ هَاتِفِيًّا مِنَ الْمَمْلَكَةِ, فَقُلْتُ أَنَّنِيْ سَأُرْسِلُ رِسَالَةً إِلَيْكَ هَذَا الْأُسْبُوْعَ - إِنْ شَاءَ اللهُ -.
هَذَا, وَأَسْأَلُ اللهَ أَنْ يَمُنَّ عَلَيْنَا الْعِلْمَ النَّافِعَ وَالْعَمَلَ الْمَقْبُوْلَ وَأَرْجُوْ رَدَّ الرِّسَالَةِ وَإِخْبَارَنَا عَنْ حَالِكَ فِي الْجَامِعَةِ.
وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ.
صَدِيْقُكَ الْمُخْلِصُ
أَحْمَدُ اَلْحِزَامُ

Temanku yang terhormat Abdul Karim
Assalamu alaikum warahmatulloh wa baraokatuh

Saya berdoa kepada Alloh agar engkau baik-baik saja dan sehat selalu, saya di sini - al-hamdulillah - sehat dan baik-baik saja.

Amma ba’du
Temanku yang mulia Abdul Karim kita saling menasihati di atas takwa dan semoga kita senantiasa merasa di awasi oleh Allah baik dalam keadaan sendiri maupun di tengah keramaian, dalam ucapan maupun berbuatan kita, karena Allah jauh lebih dekat kepada kita dari urat nadi kita.
Sahabatku yang mulia sudah 6 hari engkau telah pergi, dan sahabat serta teman-teman bertanya tenatang mu : Muhammad, Zainul Abidin dan Khalid, mereka bertanya kepadamu tentang kabarmu di Kerajaan Saudi Arabia, khususnya tentang bagaimana suasana belajarmu di Universitas al-Imam di sana, apalagi sekarang teman kita Khalid sudah di terima di universitas internasional Yordania dan akan berangkat ke sana minggu depan insyaalloh.
Begitu dulu yang bisa saya tuliskan, kita meminta kepada Allah agar kita diberikan ilmu yang bermanfaat dan amal soleh yang diterima dan saya harap engkau membalas surat ini dengan mengabari kami tentang keadaanmu di unversitas.

Wassalamu alaikum wa rahmatulloh wabarakatuh.
Temanmu yang setia
Ahmad al-Hizam

Surat memang sekarang pemakaiannya makin sepi, tidak seperti zaman- zaman dahulu kala, namun bukan berarti tidak dipakai sama sekali oleh orang-orang, buktinya masih ada kantor pos sebagai sarana untuk berkirim surat kepada siapa yang kita mau. 

Surat yang kita kenal memiliki beberapa bagian yang selayaknya atau seharusnya ada pada surat itu baik itu surat peribadi ataupun surat resmi, misalnya yang harus ada adalah : kop atau kepala surat, alamat tujuan surat, isi surat, salam pembuka sebelum masuk ke isi surat dan terakhir adalah salam penutup guna mengakhiri surat yang kita tulis. 

Sekian sahabatku semuanya tentang contoh surat untuk sahabat yann bisa saya tuliskan dan bagikan untuk kalian semua saat ini, semoga bermanfaat dan bisa menambah kosakata bahasa arab atau kemampuan anda dalam berkomunikasi pakai bahasa arab, sekian dan terima kasih banyak atas kunjungan anda semua.