Kegiatan Sehari-hari Dalam Bahasa Arab dan Artinya

Kegiatan sehari-hari dalam bahasa arab dan artinya. Setiap orang memiliki kegiatan sehari-hari yang harus ia lakukan, memiliki aktifitas harian yang mesti ia tunaikan, bekerja dan pergi ke kantor, merupakan kegiatan lazim yang dilakukan oleh seseorang yang menjadi karyawan di sebuah perkantoran.
Kegiatan Sehari-hari Dalam Bahasa Arab dan Artinya

Untuk melengkapi blog bahasa arab ini berikut kami sampaikan gambaran kegiatan sehari-hari yang dilakukan oleh seseorang. Artikel tentang kegiatan sehari-hari ini kami buat untuk memperkaya kosakata bahasa arab anda dan menambah kemampuan bahasa arab anda, oleh karena itu kami serai juga dengan terjemahan dan artinya, semoga artikel bahasa arab kali ini makin menambah kosakata bahasa arab sehari-hari anda.


أَسْتَيْقِظُ مِنَ النَّوْمِ مُبَكِّرًا تَقْرِيْبًا فِي السَّاعَةِ الْخَامِسَةِ صَبَاحًا, بَعْدَ الْاِستِيْقَاظِ مِنَ النَّوْمِ أَذْهَبُ إِلىَ الْحَمَّامِ مُبَاشَرَةً لَأَصُوْصَ أَسْنَانِيْ, وَلاَ أَنْسَى اسْتِعْمَالَ الْمَاءِ لِتَنْظِيْفِ جِسْمِيْ, بَعْدَ ذَلِكَ أَتَوَضَّأُ وُضُوْءًا كَامِلاً اِسْتِعْدَادًا لِصَلاَةِ الصُّبْحِ فِي الْمَسْجِدِ الْقَرِيْبِ مِنْ بَيْتِيْ وَ هُوَ مَسْجِدُ الْإِخْلاَصِ.

Saya bangun tidur pagi-pagi sekali, sekitar jam 5 pagi saya bangun tidur, setelah bangun tidur saya langsung pergi ke kamar mandi untuk menggosok gigi saya, saya tidak lupa memakai air untuk membersihkan badan saya, setelah itu saya berwudhu dengan sempurna untuk persiapan solat subuh di masjid yang dekat dengan rumah saya yaitu masjdi al-Ikhlas.

بَعْدَ الْوُضُوْءِ غَالِبًا يُسْمَعُ أَذَانُ الصُّبْحِ مِنْ مَسْجِدِ الْإِخْلاَصِ الَّذِيْ يَبْعُدُ مَسَافَةَ 300 مِتْرٍ تَقْرِيْبًا مِنْ بَيْتِيْ فَهُوَ أَقْرَبُ مَسْجِدٍ إِلىَ بَيْتِيْ, بَعْدَ اسْتِبْدَالِ الْمَلاَبِسِ أَذْهَبُ إِلىَ الْمَسْجِدِ مَشْيًا عَلىَ الْأَقْدَامِ بِوَقَارٍ وَطُمَأْنِيْنَةٍ, بَعْدَ الْوُصُوْلِ إِلىَ الْمَسْجِدِ أَذْهَبُ مُبَاشَرَةً إِلىَ الصَّفِّ الْأَوَّلِ فَأُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ تَحِيَّةً لِلْمَسْجِدِ وَذَلِكَ أَيْضًا الصَّلاَةُ الَّتِيْ قَالَ عَنْهُ الْمُصْطَفَى - صلى الله عليه وسلم - "رَكْعَتَانِ قَبْلَ الصُّبحِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيْهَا". 

Setelah saya berwudhu biasanya terdengar azan subuh dari masjid al-Ikhlas yang berjarah 300 meter dari rumah saya, masjid ini adalah masjid yang paling dekat dengan rumah saya, setelah mengganti baju saya akan pergi ke masjid dengan berjalan kaki dengan tenang dan tumakninah, setelah saya sampai di masjid saya akan langsung pergi ke saf pertma guna melakukan solat 2 rakaat tahiyatul masjid dan juga inilah solat yang disabdakan oleh Nabi : “2 rakaat sebelum subuh lebih baik dari pada dunia dan isinya.

أُقِيْمَتِ الصَّلاَةُ فَيَتَقَدَّمُ الْإِمَامُ يُصَلِّيْ بِالنَّاسِ, أَسْمَعُ قِرَاءَةَ الْإِمَامِ بِخُشُوْعٍ, وَ بَعْدَ قَضَاءِ الصَّلاَةِ يَقُوْمُ الْإِمَامُ وَالْمَأْمُوْمُوْنَ بِقِرَاءَةِ الْأَذْكَارِ بَعْدَ الصَّلاَةِ, وَلَا يَنْسَوْنَ قِرَاءَةَ أَذْكَارِ الصَّبَاحِ.

Ketika qomat sudah dikumandangkan maka imam akan maju ke depan untuk mengimami orang solat, saya mendengarkan bacaan imam dengan penuh khusyu’, setelah selesai menunaikan solat maka imam dan para makmum akan membaca zikir setelah solat dan tak lupa pula membaca zikir pagi.

فِي السَّاعَةِ السَّابِعَةِ تَمَامًا أَسْتَعِدُّ لِلذَّهَابِ إِلىَ الْعَمَلِ, فَالشَّرِكَةُ الَّتِيْ أَعْمَلُ فِيْهَا تَبْعُدُ مَسَافَةَ ثَلاَثِ كِيْلُوْمِتْرَاتِ عَنْ بَيْتِيْ فَلاَ بُدَّ أَنْ أَمْشِيْ مُبَكِّرًا وَإِلاَّ يَغْضَبُ مِنِّيْ مُدِيْرُ الشَّرِكَةِ مِنَ التَّأَخُّرِ.

Pada jam tujuh tepat saya siap-siap untuk pergi bekerja, pabrik tempat saya bekerja berjarak 3 kilo meter dari rumah saya, maka oleh karena itu saya harus berjalan pagi-pagi untuk ke pabrik, jika tidak maka direktur akan memarahi saya karena terlambat.

كُلَّ يَوْمٍ أَذْهَبُ بِسَيَّارَةِ الْأُجْرَةِ أَوْ بِالدَّرَّاجَةِ النَّارِيَّةِ لِلْوُصُوْلِ إِلىَ الْعَمَلِ

وَفِي السَّاعَةِ الثَّالِثَةِ أَنْتَهِيْ مِنَ الدَّوَامِ فِي الشَّرِكَةِ وَأَرْجِعُ مُبَاشَرَةً إِلىَ الْبَيْتِ وَأَصِلُ -غَالِبًا- قَبْلَ الْعَصْرِ إِلىَ الْبَيْتِ.

Setiap hari saya pergi kerja dengan mengendarai taxi atau memakai motor, pada jam dua saya selesai bekerja di pabrik, saya akan pulang langsung ke rumah dan biasanya saya sampai rumah sebelum asar.

بَعْدَ أَدَاءِ صَلاَةِ الْعَصْرِ جَمَاعَةً فِي الْمَسْجِدِ أَقْضِيْ أَوْقَاتَ فَرَاغِيْ مَعَ أَوْلاَدِيْ وَأَهْلِيْ, وَلَحْظَةَ قَضَاءِ وَقْتِ الْفَرَاغِ نَسْمَعُ أَذَانَ الْمَغْرِبِ فَأَسْتَعِدُّ لِلذَّهَابِ إِلىَ الْمَسْجِدِ لِأَدَاءِ صَلاَةِ الْمَغْرِبِ جَمَاعَةً.

Setelah menunaikan solat asar berjamaah di masjid saya akan menghabiskan waktu luang bersama anak-anak dan isteri saya, saat menghabiskan waktu luang saya mendengar azan maghrib lalu saya akan berisiap-siap pergi ke masjid untuk menunaikan solat maghrib berjamaah.

بَعْدَ الصَّلاَةِ - عَادَةً - أَمْكُثُ فِي الْمَسْجِدِ لِسَمَاعِ الْمُحَاضَرَةِ الدِّيْنِيَّةِ الَّتِيْ يُلْقِيْهَا الَأَسَاتِذَةُ فِي الْمَسْجِدِ بَعْدَ الْمَغْرِبِ, وَ بَعْدَ صَلاَةِ الْعِشَاءِ نَذْهَبُ إِلىَ السَّرِيْرِ لِلرَّاحَةِ وَالنَّوْمِ.

Setelah solat maghrib biasanya saya akan berdiam dulu di masjid untuk mendengarkan kajian agama yang di sampaikan oleh para guru / ustadz di masjid setelah maghrib, setelah solat isya kami akan pergi ke ranjang untuk istirahat dan tidur malam. 

Baca Artikel Lainnya : 

Demikian shabat semua tentang pembahasan dengan tema kegiatan sehari-hari atau tepatnya artikel berjudul kegiatan sehari-hari dalam bahasa arab dan artinya.