Rahasia Keutamaan Dan Manfaat Surat Al Kahfi Serta Penjelasannya

Rahasia Keutamaan Dan Manfaat Surat Al Kahfi Serta Penjelasannya - Tidak dapat diragukan lagi kebenarannya tentang Alqur'an yang dikenal sebagai kitab suci agama Islam karena setiap ayat yang Allah trurnkan melewati malaikat jibril kepada Nabi Muhammad SAW memiliki makna dan pesan yang logis atau mampu diterima oleh akal manusia. Surat-surat di dalam Al Qur’an mempunyai kegunaan, arti dan keutamaan. Salah  satunya ialah surat Al Kahfi dimana terdapat banyak keutamaan dan manfaat yang terkandung didalamnya. Lebih utama lagi  apabila surat Al Kahfi dibaca dan diamalkan pada hari Jum’at.

Surat Al Kahfi yang juga dikenal dengan sebutan Ashabul Kahf  termasuk surat Makkiyah. Surat Al Kahfi memiliki 110 ayat dimana di dalamnya diceritakan tentang beberapa orang pemuda yang selama bertahun tahun tidur di dalam gua. Banyak hikmah dan pelajaran yang bisa kita ambil dari kisah yang diceritakan dalam surat Al Kahfi.


Keutamaan dan kegunaan yang dimiliki surat Al Kahfi di antaranya merupakan sebagai berikut.


  • Menghindarkan diri dari fitnah dajjal

Salah satu keutamaan membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at adalah menghindarkan diri dari fitnah dajjal. Dajjal merupakan sosok kejam dan bakal keluar di akhir zaman yang akan membuat kerusuhan dan kerusakan di bumi, bahkan dajjal akan menyebarkan fitnah kepada semua umat Islam. Rasulullah SAW juga telah menegaskan dalam salah satu hadits bahwa membaca surat Al Kahfi di hari Jum’at akan membuat kita terhindar dari fitnah yang dibawa dajjal tersebut.
“Barang siapa membaca Surah al – Kahfi pada hari Jum’at, maka Dajjal tak bisa memudharatkannya,” (HR-Dailami).
“Siapa yang membaca dari Surah Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala sampai kakinya dan siapa yang membaca keseluruhannya, maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi,” (HR Ahmad).

  • Diampuni Dosanya oleh Allah SWT

Kita bakal mendapatkan pengampunan dosa dari Allah SWT di antara dua  Jum’at apabila kita tekun membaca surat Al Kahfi di hari Jum’at. Disebutkan juga dalam riwayat lain, dari Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah SAW bersabda, dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah SAW bersabda, yang artinya:
“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua  Jum’at”.

  • Disinari Cahaya Kebaikan

Apabila kita membaca surat Al Kahfi di hari lain atau hari Jum’at, maka Allah bakal memberikan ganjaran, pahala dan disinari cahaya kebaikan serta bakal mendapatkan keberkahan syafaat di hari pembalasan. Sinar cahaya bakal Allah berikan pada hari kiamat, istimewanya, cahaya ini bakal memancar dari kedua telapak kaki dan sampai ke langit. Seperti yang sudah Allah jelaskan dalam surat al – Hadid: dua belas yang artinya;

يَوْمَ تَرَى الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ يَسْعَى نُورُهُمْ بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَبِأَيْمَانِهِمْ

“Pada hari ketika kamu melihat orang mukmin pria dan wanita, sedang cahaya mereka bersinar di hadapan dan di sebelah kanan mereka.” (Qs. Al-Hadid: 12)

  • Dijaga dari gangguan dan godaan setan

Setan akan selalu berusaha menggoda dan menganggu kita untuk melakukan perbuatan yang dimurkai Allah. Setan ingin kita melakukan perihal – perihal yang bakal menghapus amal ibadah yang selama ini kita lakukan. Apabila iman kita lemah, kita bakal gampang tergoda dan terhasut oleh godaan setan. Lebih dari tersebut, setan juga mengundang umat manusia untuk menyekutukan Allah, dan ini merupakan dosa tidak kecil yang tak akan Allah ampuni. Na’udzubillahi min dzalik…
salah satu langkah-langkah membentengi diri dari godaan dan rayuan setan merupakan dengan selalu mendekatkan diri kepada Allah. Dan cara yang mampu kita lakukan adalah dengan memperbanyak membaca Al Qur’an, tergolong membaca dan mengamalkan surat Al Kahfi. Biar tidak dimasuki setan sepanjang malam, baqarah yang kita baca di kediaman bakal menjaga rumah

  • Mendapatkan Ridho dari Allah SWT

Sesiapapun umat muslim di dunia ini tentu mengharapkan rahmat dan berkah Allah SWT. Hidup kita akan semakin tenang dan tentram apabila ridho Allah senantiasa mengiringi. Supaya bisa meraih ridho Allah dan kita dapat memperoleh cahaya keberkahan, untuk itu, mari kita rutin membaca surat Al Kahfi Dengan begitu hati bakal selalu tenang, tidak ada lagi kegelisahan di dalamnya. Rasulullah SAW bersabda:
“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala sampai kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi” (HR Ahmad).


Berikut adalah beberapa isi pokok dari surat Al Kahfi :



  1. Al Qur’an diturunkan sebagai pedoman hidup manusia
  2. Mengisahkan pemuda Ashabul Kahfi
  3. Rasulullah dihibur karena orang kafir belum beriman
  4. Rasulullah SAW diperintah untuk lebih sabar dalam menghadapi orang orang fakir
  5. Orang kafir diancam akan memperoleh siksa dan musibah
  6. Orang beriman dijanjikan akan diberi balasan yang baik
  7. Perumpamaan antara orang beriman dan orang kafir dalam menyikapi perihal dunia
  8. Perumpamaan dunia dengan hujan dan tanaman yang tumbuh di bumi
  9. Iblis tak mau sujud pada Nabi Adam
  10. Pemberian kitab catatan amal baik dan buruk
  11. Dibukakanlah kebenaran dalam pandangan manusia
  12. Fenomena hari kiamat
  13. Cerita Nabi Musa dan Khidr
  14. Mengisahkan Dzulqarnain
  15. Kondisi orang kafir di neraka
  16. Cerita tentang orang orang terdahulu yang telah hancur
  17. Allah bakal memberikan rahmat di hari akhir nanti
  18. Amalan orang kafir yang sia sia
  19. Benteng yang menghalangi Ya’juj dan Ma’juj
  20. Anjuran untuk beribadah dengan ikhlas

Demikian uraian tentang keutamaan dan kegunaan yang akan kita dapatkan kalau tekun membaca surat Al Kahfi. Banyak kegunaan yang akan dituai apabila kita memperbanyak membaca Al Qur’an, pastinya juga harus dibarengi dengan memperbanyak amalan dzikir. Akhirnya, semoga kita seluruh dapat menjadi hamba yang beriman dan bertaqwa kepada Allah sehingga ridho dan rahmat Allah senantiasa mengiringi perjalanan kita di dunia ini, dan di akhirat kelak. Mudahan mudahan pembahasan tentang manfaat surat Al Kahfi bisa memberi banyak pengetahuan dan bermanfaat.