Isim Mufrad, Isim Mutsanna, dan Isim Jamak

Saya ucapkan beribu terimakasih karena telah berkenan membaca blog sederhana ini. Pada artikel-artikel sebelumnya kita telah belajar tentang pembagian isim menurut jenis, kekhususan, dan huruf akhirnya. Pada kali ini kita akan belajar bahasa Arab tentang pembagian isim menurut jumlahnya.

Menurut jumlahnya isim dibagi menjadi tiga, yaitu:

1. ISIM MUFRAD
Isim Mufrad adalah isim yang menunjukkan arti tunggal (satu). Apabila kita melihat kosakata bahasa arab di kamus, kosakata tersebut mempunyai arti tunggal atau jumlahnya satu. Lebih jelasnya lihat contoh berikut ini.

فَصْلٌ
 Kelas (berjumlah 1)

بَيْتٌ
Rumah (berjumlah 1)

خِزَانَةٌ
 Lemari (berjumlah 1)

2. ISIM MUTSANNA
Isim Mutsanna adalah isim yang menunjukkan arti dua. Isim Mutsanna ini dibentuk dari Isim Mufrad. Caranya dengan menambahkan alif dan nun kasrah di belakang isim mufrad. Sebagai contoh:

فَصْلَانِ
 Kelas (berjumlah 2)

بَيْتَانِ
Rumah (berjumlah 2)

خِزَانَتَانِ
 Lemari (berjumlah 2)
3. ISIM JAMAK
Isim Jamak adalah isim yang menunjukkan arti lebih dari dua. Penjelasan lebih rinci beserta contoh-contohnya akan kita bahas pada artikel selanjutnya. 

Demikian pembagian isim menurut jumlahnya. Semoga bermanfaat. Jika ada kesalahan mohon kesediaannya untuk mengoreksi melalui komentar di bawah artikel ini. Terimakasih.