Waspadai! 5 Masalah Kesehatan Anak Paling Mengkhawatirkan

Masalah kesehatan anak semakin berkembang dan menyangkut hal hal yang kadang tidak pernah kita temukan di beberapa dekade sebelumnya. Itulah sebabnya mengapa orang tua harus khawatir dan waspada mengenai masalah kesehatan yang bisa menimpa anak mereka.
Jika kita menilik kembali beberapa faktor yang mempengaruhi kesehatan seseorang diantaranya adalah kesejahteraan. Kesejahteraan seseorang bisa menunjang dan mempengaruhi kesehatan seseorang. Banyak orang menyangka bahwa semakin sejahtera seseorang maka akan semakin besar kesempatan mereka untuk hidup dengan sehat. Namun pada kenyataannya justru hal tersebut seringkali menjadi bumerang.
masalah kesehatan anak

5 masalah kesehatan paling diwaspadai
Berikut adalah 5 masalah kesehatan yang ada di masyarakat dan paling menghawatirkan serta harus tetap diwaspadai dan menjadi tanggung jawab orang tua untuk memantau putra dan putri mereka.

Obesitas
Obesitas berada di urutan pertama yang menjadi masalah kesehatan paling mengkhawatirkan di seluruh dunia bukan hanya di indonesia. Faktor kebiasaan orang tua terutama ibu yang sibuk sehingga tidak banyak memiliki kesempatan untuk merawat putra dan putri mereka secara langsung menjadi salah satu penyebab mengapa obesitas terus merajalela.
Pemberian susu formula sejak usia 0 bulan atau beberapa bulan setelah kelahiran juga menjadi dalang terbesar dari masalah obesitas lain kegemaran anak untuk memakan makanan yang kosong kalori.

Merokok
Mayoritas rakyat Indonesia yang merokok membuat generasi muda sangat sulit untuk menghindari masalah kesehatan yang satu ini.
Lemahnya kontrol dari pemerintah terhadap usia anak yang boleh merokok serta lemahnya kontrol di masyarakat dan orang tua itu sendiri menyebabkan rokok menjadi masalah kesehatan yang paling diwaspadai.

Penyalahgunaan obat
Penyalahgunaan obat obatan semakin berkembang dan sulit untuk di bendung. Walau demikian, masalah kesehatan yang berkaitan dengan obat obatan tersebut sudah mulai menemui beberapa titik terang yang bisa membuat kita lega dengan adanya turun tangan pemerintah memberantas pengedar obat obatan terlarang.
Meskipun begitu, asalah kesehatan pada anak yang ditimbulkan oleh obat obatan tetap saja menjadi masalah yang paling marak di masyarakat.

Stres
Masalah kesehatan anak selanjutnya adalah stres yang bisa saja dialami oleh anak di usia sekolah hingga orang orang yang sudah dewasa. Walaupun begitu, yang paling mahal tentu saja apabila masalah kesehatan seperti stres ini sudah merambah ke anak-anak usia sekolah.

Pelecehan dan penelantaran
Saat ini pelecehan dan penelantaran anak terus mengemuka dan bahkan menjadi salah satu isu paling hangat yang ramai dibicarakan secara nasional. Masalah kesehatan tersebut merupakan salah satu yang paling serius dan sangat menghawatirkan.
Lemahnya kontrol dari orang tua serta masyarakat disinyalir menjadi penyebab utama mengapa banyak masalah kesehatan pada anak yang semakin mengkhawatirkan. Oleh karena itu dibutuhkan orang tua yang lebih peduli dan lebih banyak tinggal di rumah untuk mendidik anak anak mereka dengan baik.