Asal Usul Dan Sejarah Terciptanya Blackberry

Siapa yang tidak kenal sama smartphone yang satu ini yaitu blackberry,hampir setiap orang menggunakannya karena selain kelengkapan fitur didalamnya ,desain yang bersahabat,saling terhubung dimana dan kapanpun berada, ponsel ini memudahkan untuk semua aktifitas pekerjaan yang memerlukan email.Sejalan dengan peningkatan kemampuan layanan komunikasi seluler, blackberry pun ikut terangkat. Dan dengan makin turunnya biaya komunikasi akhirnya  makin diminati dari kalangan bawah maupun kalangan atas.

Sebelum dinamakan Blackberry awalnya terderet nama yaitu pocket link tetapi mempunyai artian nama yang fungsional dan membosankan dan hampir juga dinamakn Stawberry tetapi terkesan terlau jinak dan mirip dengan nama buah, akhirnya memutuskan untuk menamakan Blackberry sebagai brandnya.
blackberry

Blackberry adalah perangkat ponsel cerdas (smartphone) yang berfungsi seperti personal data assistant atau PDA yang didukung tekhnologi wireless,3G maupun wimax yang memungkinkan terhubung dengan jaringan internet kapan dan dimana saja kita berada.Ponsel blackberry ini menyediakan dukungan email klien dari pihak RIM (research In Motion ) yang memungkinkan bagi pengguna BB untuk dapat menerima dan mengirim email seperti SMS atau short message service.

Sejarah terciptanya Blackberry  yaitu pertama diperkenalkan pada tahun 1997 oleh Research In Motion atau yakni sebuah perusahaan asal kanada.Diluar dugaan ketika pertama kali diluncurkan langsung mendapat respon positif dan mengejutkan karena dengan kemampuannya memyampaikan informasi melalui jaringan nirkabel.

Keunggulan dari blackberry diantaranya:

  1. Dapat digunakan untuk chatting yang mirip dengan yahoo messenger yaitu yang bernama BBM(blackberry messenger) yang sampai saat ini masih trend dan populer yang menggunakan PIN atau identintas unik yang berbeda pada setiap perangkat baackberry.
  2. Fitur push email atau email cepat yang berguna untuk menampilkan email baru,daftar kontak dan informasi jadwal/kalender.
  3. Email yang ada akan mengalami proses kompresi,  contohnya email yang berukuran 10mb dapat diterima dengan ukuran 10kb tanpa merubah isi dan juga proses scan sehingga aman dari virus.
  4. Dapat membuka file yang berformat microsoft office maupun PDF.
  5. Dapat menampung puluhan ribu email asalkan memori masih tesedia.


Sejarah Perkembangan Blackberry


  • Tahun 1984 RIM (Research In Motion) didirikan oleh Mike Lazaridis, hingga sekarang menjabat sebagai president dan Co-CEO bersama dengan Douglas Fregin sebagai Vice President of Operations. Mereka membangung RIM untuk tujuan bisnis konsultasi barang elektronik dan ilmu computer.
  • Tahun 1988 RIM menjadi developer kedua di dunia dalam mengembangkan produk untuk Mobitex Wireless Network. Inilah awal jaringan RIM Pager BlackBerry mulai bekerja.
  • Tahun 1990 RIM mulai memasuki pasaran dengan memperkenalkan DigiSync Film KeyKode Reader, Digital Footage, Frame, dan kalkulator waktu yang akan ternama di kalangan editor dan pemotong negatif Hollywood. RIM mengubah waktu editing dari 2 jam menjadi 20 menit.
  • Tahun 1998 RIM mulai memperkenakan RIM 950 Wireless Handheld. Komputer handheld ini kemudian disebut sebagai BlackBerry. Perangkat ini menawarkan enam baris tampilan, bisa digunakan untuk email dasar, paging dua arah, browsing halaman yang telah diformat dengan konten berita, cuaca, bursa saham, informasi wisata.
  • Tahun 2000 RIM mengenalkan RIM 857/957 Wireless Handheld dan mengumumkan pembangunan jaringan untuk Java. Selain itu BlackBerry 5790 juga dirilis sekitar tahun ini, Handheld ini memiliki memory 16Mb flash memory.
  • Tahun 2001 Pada tahun 2001 RIM mensupport untuk Lotus Notes and Domino dalam BlackBerry Enterprise Server. Pada tahun ini pula RIM memulai debut handheld berbasis Java 2 Micro Edition (J2ME) OS.
  • Tahun 2002 RIM merilis beberapa device yang cukup mempengaruhi perkembangan ponsel di dunia.
  • 1. BlackBerry 5810. Ini adalah seri pertama BlackBerry dengan fitur GSM/GPRS radio. Device pertama di dunia dengan GSM/GPRS radio
  • 2. BlackBerry 6510. Dibekali dengan fitur walkie-talkie
  • 3. BlackBerry 6750. Device pertama BlackBerry untuk pengguna CDMA20001X Wireless Network.
  • 4. BlackBerry 6710 dan BlackBerry 6720 dengan fitur integrated speaker/microphone serta kemampuan international roaming pada GSM/GPRS.
  • Tahun 2003 Dirilisnya device GSM BlackBerry 6210, BlackBerry 6220 > BlackBerry 6230 (Masih berlayar Monokrom). Lalu kemudian hadir 3 seri lagi dengan layar warna yaitu BlackBerry 7230, BlackBerry 7210 dan BlackBerry 7280. BlackBerry 7730 juga dirilis pada tahun 2003 dengan layar warna yang besar dan merupakan device pertama RIM dengan Tri Band GSM.
  • Tahun 2004 RIM berusia 20 tahun. Saat ini pengguna RIM telah mencapai 2 juta di seluruh dunia. Pada tahun ini pula RIM merilis BlackBerry 7510 > 7520 yang merupakan device BlackBerry pertama dengan fungsi GPS dan juga merupakan BlackBerry pertama dengan speakerphone yang mensupport Nextel’s Walkie-Talkie.
  • Tahun 2005 Pada 2005 pengguna RIM telah mencapai 4 juta di seluruh dunia. 2 kali lipat dari tahun sebelumnya. Ini adalah tahun untuk BlackBerry 8700 dengan layar warna, themes, Bluetooth, Quad-band support, dll. Pada akhir tahun ini juga RIM mengenalkan BlackBerry 7130, BlackBerry berlayar warna pertama untuk device CDMA BlackBerry.
  • Tahun 2006 RIM kian menjadi partner bisnis dengan merilis BlackBerry Enterprise Server Express yang dapat diunduh gratis.
  • Tahun 2008 tepatnya tanggal 8 April FBI dibekali dengan BlackBerry 8830 World Edition sebanyak 19,500 unit dan tanggal 12 Mei 2008 Smartphone BlackBerry yang sebelumnya identik dengan dunia usaha mulai merambah ke entertainment dengan hadir nya BlackBerry Bold. Model yang lebih modis dengan resolusi layar tinggi sehingga membuat gambar yang ditampilkannya terlihat utuh. Selain itu juga memiliki kemampuan untuk menghasilkan suara yang jernih jika digunakan untuk memutar music.10 September 2008 Hadir BlackBerry dengan desain Flip. BlackBerry Pearl Flip.8 Oktober 2008 RIM mulai merilis BlackBerry berteknologi layar sentuh yang inovatif dengan nama BlackBerry Storm. Verizon dan Vodafone memamerkan BlackBerry Storm sebagai Smartphone pertama di dunia dengan layar sentuh yang clickable (layar sentuh yang bisa di click karena pegas kecil yang ditanamkan dibawah layar). Teknologi layar sentuh ini disebut SurePress. Karena inovasi pada Touchscreen nya ini maka BlackBerry Storm meraih penghargaan Best Mobile Technology Breakthrough pada GSMA 14th Annual Global Mobile Awards.
  • tahun 2009 tepatnya tanggal 1 April 2009 mulai dibuka toko online BlackBerry App World, tempat para pengguna blackberry mengunduh program.
Sejarah Blackberry masuk ke indonesia

Tahun 2004 blackberry masuk dan diperkenalkan di indonesia dan operator yang pertama kali membawa blackberry ini adalah indosat dan starhub ,starhub adalah perusahaan yang merupakan perwakilan dari RIM atau rekanan blackberry.

Indosat menyediakan layanan BIS (blackberry internet service ) dan BES (blackberry enterprise server).seiring waktu pasar blackberry ini kemudian diramaikan oleh 2 operator besar di tanah air yaitu telkomsel dan Excelcom.

Pada Awalnya layanan blackberry hanya bisa diakses melalui smartphone BB saja seiring waktu berjalan ketiga operator ini menyediakan fasilitas blackberry connect yang memungkinkan blackberry internet solution dikases melalui smartphone lain seperti nokia n-900,nokia n-9300,sony ericson p910i,palm treo,dopod bahkan saat ini bisa digunakan di smartphone android.
Keberadaan blackberry sampai saat ini masih tetap eksis meskipun sampai saat ini bermunculan smartphone dengan Os android hanya saja tidak seperti pertama kali diluncurkan.